Selasa, 24 Juni 2008

Pria Bertopi Merah itu Anggota Polisi

Selasa, 24 Juni 2008 21:54 WIB
JAKARTA, SELASA - Buyar sudah tanda tanya besar mengenai seseorang yang diduga sebagai pemicu insiden Monas 1 Juni lalu. Pada malam ini, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen R Abubakar N, mengungkapkan pria bertopi merah itu adalah seorang anggota Polres Tangerang berpangkat Bripka.
"Dia adalah Bripka Iskandar Saleh. Saat ini, yang bersangkutan masih dalam proses penyelidikan. Pada waktu itu, dia sedang mendampingi istrinya, anaknya, dan mertuanya, yang mendapat undangan dari Ahmadiyah Tangerang untuk mengikuti acara AKKBB," ujar Abubakar saat memberikan keterangan pers di Polda Metrojaya, Selasa (24/6).
Menurut dia, setelah melakukan pengecekan, Iskandar tidak termasuk dalam 74 petugas yang mendapat bekal senjata api. Oleh karena itu, dia menegaskan senjata tersebut bukan inventaris dinas.
Malam ini, Abubakar bersama pakar telematika, Roy Suryo, memperlihatkan rekaman kronologis insiden Monas. Dari video ini, terungkap pria bersenjata itu, mengenakan topi merah yang dibagikan pihak kepolisian dalam suatu acara. Pada video itu, juga tidak terlihat Iskandar mengacungkan senjata.
"Yang jelas, siapa laki-laki yang mengacungkan senjata itu. Jika ada pihak yang mengatakan kerusuhan itu dipicu oleh seorang laki-laki yang membawa senjata, Anda sendiri bisa melihat. Dia hanya melindungi anak dan istrinya," jelasnya.

Tidak ada komentar: